MODUL 1.1
UPACARA PEMBUKAAN
KURSUS
I. DASAR
PEMIKIRAN
1. Peserta
Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) adalah para Pembina
yang selama ini baik langsung maupun tidak langsung telah membina Satuan
Pramuka.
2. Dalam mengawali dan mengakhiri kegiatan
bersama peserta didik dalam kepramukaan selalu diselenggarakan Upacara
Pembukaan Latihan dan Upacara Penutupan Latihan, dengan tujuan untuk menanamkan
dan mengembangkan rasa cinta tanah air, jiwa persatuan dan kesatuan berbangsa
dan bernegara, jiwa Pancasila, kedisiplinan dan kepedulian sosial.
II. TUJUAN
Untuk lebih meningkatkan kecintaan
Peserta Kursus pada tanah air, persatuan dan kesatuan bangsa, Pancasila, serta
kesetian/komitmen terhadap Gerakan Pramuka.
III. SASARAN
Setelah mengikuti Upacara Pembukaan
Kursus, Peserta mampu :
1. memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin
pribadi ;
2. selalu tertib dalam kehidupannya
sehari-hari, termasuk selama mengikuti kursus.
3. memiliki jiwa gotong royong dan percaya
kepada orang lain.
4. dapat memimpin dan dipimpin.
5. berpartisipasi secara aktif dalam semua
kegiatan kursus.
IV. SUSUNAN UPACARA PEMBUKAAN KURSUS
1. Upacara : -
Menyayikan Lagu Indonesia Raya
- Mengheningkan cipta
2. Pembacaan Surat Keputusan Penyelenggaraan
Kursus
3. Laporan Kepala Lemdika/Ketua Panitia
Penyelenggara
4. Amanat
(Keynote Address) Pembina Upacara, dilanjutkan Pernyataan Pembukaan
Kursus
5. Penyematan Tanda Peserta Kursus dan
penyerahan Tunggul Latihan
6. Hymne Pramuka
7. Doa
V. WAKTU
: 1 X 45 menit.
MODUL 1.2
ORIENTASI KURSUS
I. DASAR
PEMIKIRAN
1. Sebagai orang dewasa, Pembina Pramuka
Peserta Kursus tentu telah banyak memiliki pengalaman dan konsep diri yang
selama ini diyakini kebenarannya, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh
orang lain.
2. Orang dewasa mau belajar bilamana :
a. Ia mau
b. Ia senang dengan materinya
c. Ia memerlukan dalam kehidupannya
d. Ia merasa diuntungkan
sehingga untuk membelajarkan
orang dewasa tidak segampang seperti Guru mengajar muridnya di kelas.
II. TUJUAN
Mengkondisikan para peserta kursus
untuk siap mengikuti pembelajaran dalam kursus yang akan diikuti, dengan cara
memberikan informasi-informasi yang sangat diperlukan bagi seseorang Pembina
Pramuka dalam mengemban tugas-tugasnya lewat kepramukaan.
III. SASARAN
Setelah mengikuti Orientasi, Peserta
mampu :
1. membuka diri untuk dapat mengikuti dan
menerima masukan-masukan baik dari Pelatih maupun dari sesama Peserta Kursus;
2. berperan aktif dalam proses pembelajaran;
3. bekerja dan bergiat dalam kelompok
pembelajaran dengan baik dan kompak ;
4. berintegrasi secara positif pada semua
kegiatan yang tersajikan dalam kursus.
IV. PELAKSANAAN
ORIENTASI KURSUS
1. Orientasi Kursus diberikan oleh Ka. Lemdika
atau Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih.
2. Materi Orientasi Kursus
a. Pendekatan Sistematis Pelatihan Anggota
Dewasa
b. Hubungan antara Pembina Pramuka dengan
Kebutuhan Peserta Didik.
c. Kebutuhan Pembina Pramuka agar dapat
memerankan dirinya sebagai Pembina Pramuka yang baik.
d. Bagaimana Peserta Kursus memerankan dirinya
dalam Kursus yang menggunakan pendekatan Andragogis yang interaktif progresif
(Progressive Interactional Learning Process)
V. WAKTU
: 1 X 45 menit.
MODUL 1.3
DINAMIKA KELOMPOK
I. DASAR
PEMIKIRAN
1. Sebagai orang dewasa, peserta kursus
masing-masing telah memiliki bekal konsep diri dan pengalaman yang berbeda satu
dengan lainnya, sehingga timbul kemungkinan mereka cenderung kurang dapat
bekerja sama satu dengan lainnya dalam
satu tim.
2. Mereka cenderung saling menutup diri
utamanya masalah kekurangan mereka masing-masing dan lebih menojolkan kelebihan
masing-masing.
II. TUJUAN
Tujuan dari kegiatan dinamika kelompok
ialah membentuk kerja sama dalam kelompok sebagai "team building" dan
"team work" yang kompak, agar proses pembelajaran dapat berjalan
dengan lancar.
III. SASARAN
Setelah mengikuti kegiatan dinamika
kelompok, Peserta mampu :
1. membangun tim yang kompak dan saling
membantu antar anggota yang satu dengan lainnya ;
2. menciptakan kerja sama yang kompak dan
serasi, sehingga kegiatan yang dibebankan pada kelompok dapat diatasi dengan
mudah ;
3. terciptanya persaudaraan antar anggota
kelompok, saling mempercayai dan menghormati satu dengan lainnya.
IV. PELAKSANAAN
DINAMIKA KELOMPOK
1. Dinamika
Kelompok dikendalikan oleh Tim
Pelatih.
2. Tim Pelatih menciptakan kegiatan bersama
yang dapat mencairkan kebekuan peserta kursus, dengan permainan (game) bersama
sambil menyayi dan menari bersama.
3. Dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan
tersebut, selanjutnya Tim Pelatih secara acak membentuk kelompok-kelompok
peserta yang akan merupakan satu tim kerja dalam proses pembelajaran yang
langsung selama kursus.
4. Tim Pelatih membagi diri sebagai pendamping
kelompok-kelompok yang terbentuk tersebut, dan dalam kebersamaan saling
memperkenalkan diri, saling membuka diri dengan jalan masing-masing
menginformasikan kelemahan dan kelebihannya, serta hal-hal yang disenangi dan
tidak disenangi.
5. Tim kerja masing-masing menetapkan
yel-yelnya dan mengundangkan sebagai satu pertanda adanya kekompakkan dalam
kelompok.
V. WAKTU
: 1 X 45 menit.
MODUL 1.4
PENGEMBANGAN
SASARAN KURSUS
I. DASAR
PEMIKIRAN
1. Semua orang termasuk peserta Kursus, bila
akan mengikuti suatu kursus pasti mempunyai keinginan-keinginan tertentu yang
ingin dicapai untuk kepentingan pengabdiannya, pekerjaannya atau usahanya.
2. Suatu kursus akan mendapat perhatian dengan
penuh oleh peserta kursus bilamana
kursus tersebut dapat mengetahui apa
saja yang diinginkan oleh peserta kursusnya.
II. TUJUAN
Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk
menampung sasaran yang ingin dicapai oleh para peserta kursus, sehingga sasaran
kursus yang sudah ditetapkan oleh penyelanggara dapat dipadukan dengan apa yang
dikehendaki oleh peserta .
III. SASARAN
Setelah mengikuti kegiatan, Peserta
mampu :
1. melaksanakan semua kegiatan kursus dengan
baik karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan ;
2. menyerap dengan senang hati baik materi-materi
yang disajikan dalam kursus ;
3. mengikuti semua kegiatan pembelajaran yang
interaktif positif dalam kelompok mereka masing-masing ;
IV. PROSES
PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN SASARAN KURSUS.
1. Masing-masing Pemimpin Kelompok dengan
didampingi Pelatih Pendamping masing-masing, menghimpun sasaran yang ingin
dicapai oleh anggota kelompok.
2. Masing-masing Pemimpin Kelompok merumuskan
sasaran apa saja yang diinginkan oleh kelompoknya.
3. Para pemimpin Kelompok memprestasikan hasil
rumusanya/menyerahkan ke Pemimpin Kursus.
4. Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih dengan
dibantu oleh para Pelatih Pendamping mengkombilasikan semua sasaran yang
diinginkan peserta dengan sasaran kursus yang direncanakan oleh penyelenggara.
5. Hasil dari kompilasi tersebut diinformasikan
pada peserta.
6. Bilamana dari pengembangan sasaran kursus tersebut terdapat materi yang
belum terencanakan, Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih akan mengupayakan agar
semua sasaran yang diinginkan dapat
disajikan dalam Kursus tersebut.
V. WAKTU
: 1 X 45 menit.
KELOMPOK
MERAH
NO |
JABATAN |
NAMA |
KET |
1 |
KETUA |
|
|
2 |
WAKIL KETUA |
|
|
3 |
SEKETARIS |
|
|
4 |
BENDAHARA |
|
|
5 |
ANGGOTA |
|
|
6 |
ANGGOTA |
|
|
7 |
ANGGOTA |
|
|
8 |
ANGGOTA |
|
|
9 |
ANGGOTA |
|
|
10 |
ANGGOTA |
|
|
11 |
ANGGOTA |
|
|
12 |
ANGGOTA |
|
|
KELOMPOK
KUNING
NO |
JABATAN |
NAMA |
KET |
1 |
KETUA |
|
|
2 |
WAKIL KETUA |
|
|
3 |
SEKETARIS |
|
|
4 |
BENDAHARA |
|
|
5 |
ANGGOTA |
|
|
6 |
ANGGOTA |
|
|
7 |
ANGGOTA |
|
|
8 |
ANGGOTA |
|
|
9 |
ANGGOTA |
|
|
10 |
ANGGOTA |
|
|
11 |
ANGGOTA |
|
|
12 |
ANGGOTA |
|
|
KELOMPOK
HIJAU
NO |
JABATAN |
NAMA |
KET |
1 |
KETUA |
|
|
2 |
WAKIL KETUA |
|
|
3 |
SEKETARIS |
|
|
4 |
BENDAHARA |
|
|
5 |
ANGGOTA |
|
|
6 |
ANGGOTA |
|
|
7 |
ANGGOTA |
|
|
8 |
ANGGOTA |
|
|
9 |
ANGGOTA |
|
|
10 |
ANGGOTA |
|
|
11 |
ANGGOTA |
|
|
12 |
ANGGOTA |
|
|
KELOMPOK
BIRU
NO |
JABATAN |
NAMA |
KET |
1 |
KETUA |
|
|
2 |
WAKIL KETUA |
|
|
3 |
SEKETARIS |
|
|
4 |
BENDAHARA |
|
|
5 |
ANGGOTA |
|
|
6 |
ANGGOTA |
|
|
7 |
ANGGOTA |
|
|
8 |
ANGGOTA |
|
|
9 |
ANGGOTA |
|
|
10 |
ANGGOTA |
|
|
11 |
ANGGOTA |
|
|
12 |
ANGGOTA |
|
|
KELOMPOK
UNGU
NO |
JABATAN |
NAMA |
KET |
1 |
KETUA |
|
|
2 |
WAKIL KETUA |
|
|
3 |
SEKETARIS |
|
|
4 |
BENDAHARA |
|
|
5 |
ANGGOTA |
|
|
6 |
ANGGOTA |
|
|
7 |
ANGGOTA |
|
|
8 |
ANGGOTA |
|
|
9 |
ANGGOTA |
|
|
10 |
ANGGOTA |
|
|
11 |
ANGGOTA |
|
|
12 |
ANGGOTA |
|
|
KELOMPOK
COKLAT
NO |
JABATAN |
NAMA |
KET |
1 |
KETUA |
|
|
2 |
WAKIL KETUA |
|
|
3 |
SEKETARIS |
|
|
4 |
BENDAHARA |
|
|
5 |
ANGGOTA |
|
|
6 |
ANGGOTA |
|
|
7 |
ANGGOTA |
|
|
8 |
ANGGOTA |
|
|
9 |
ANGGOTA |
|
|
10 |
ANGGOTA |
|
|
11 |
ANGGOTA |
|
|
12 |
ANGGOTA |
|
|
TEKNIS DINAMIKA KELOMPOK
1.
PERMAINAN GEM SAMBIL MENYANYI DAN
NENARI
a.
Menyanyi naik –naik kepuncak gunung
b.
Pada hari minggu
c. Dipuncak pohon cemara
MENARI
a.
Tari punokawan
GEM
a.
Mari berjalan- jalan
2.
MEMBENTUK KELOMPOK
a.
Kelompok merah
b.
Kelompok kuning
c.
Kelompok biru
d. Kelompokhijau
d.
Kelompok ungu
3.
MEMBAGI PELATIH PENDAMPING PADA
KELOMPOK MASING-MASING PESERTA MEMPERKENALKAN DIRI
4.
MEMBUAT YEL-YEL
5.
PEMBAGIAN TUGAS PIKET: Ruang sesen, makan
siang
Komentar
Posting Komentar