Modul 1

 

                                                                                                               MODUL  1.1

 

UPACARA   PEMBUKAAN  KURSUS

 

 

I.       DASAR  PEMIKIRAN

1.    Peserta  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) adalah para Pembina yang selama ini baik langsung maupun tidak langsung telah membina Satuan Pramuka.

 

2.    Dalam mengawali dan mengakhiri kegiatan bersama peserta didik dalam kepramukaan selalu diselenggarakan Upacara Pembukaan Latihan dan Upacara Penutupan Latihan, dengan tujuan untuk menanamkan dan mengembangkan rasa cinta tanah air, jiwa persatuan dan kesatuan berbangsa dan bernegara, jiwa Pancasila, kedisiplinan dan kepedulian sosial.

 

II.      TUJUAN

          Untuk lebih meningkatkan kecintaan Peserta Kursus pada tanah air, persatuan dan kesatuan bangsa, Pancasila, serta kesetian/komitmen terhadap Gerakan Pramuka.

 

III.    SASARAN

          Setelah mengikuti Upacara Pembukaan Kursus, Peserta mampu :

1.    memiliki rasa tanggung jawab dan disiplin pribadi ;

2.    selalu tertib dalam kehidupannya sehari-hari, termasuk selama mengikuti kursus.

3.    memiliki jiwa gotong royong dan percaya kepada orang lain.

4.    dapat memimpin dan dipimpin.

5.    berpartisipasi secara aktif dalam semua kegiatan kursus.

 

IV.    SUSUNAN UPACARA PEMBUKAAN  KURSUS 

1.    Upacara :    - Menyayikan Lagu Indonesia Raya

                           - Mengheningkan cipta

2.    Pembacaan Surat Keputusan Penyelenggaraan Kursus

3.    Laporan Kepala Lemdika/Ketua Panitia Penyelenggara

4.    Amanat  (Keynote Address) Pembina Upacara, dilanjutkan Pernyataan Pembukaan Kursus

5.    Penyematan Tanda Peserta Kursus dan penyerahan  Tunggul Latihan

6.    Hymne Pramuka

7.    Doa

 

 

V.      WAKTU  : 1 X 45  menit.

            

 

 

 

                                                                                                               MODUL  1.2

 

ORIENTASI  KURSUS

 

 

I.       DASAR  PEMIKIRAN

1.    Sebagai orang dewasa, Pembina Pramuka Peserta Kursus tentu telah banyak memiliki pengalaman dan konsep diri yang selama ini diyakini kebenarannya, sehingga tidak mudah untuk dipengaruhi oleh orang lain.

 

2.    Orang dewasa mau belajar bilamana :

a.     Ia mau

b.    Ia senang dengan materinya

c.     Ia memerlukan dalam kehidupannya

d.    Ia merasa diuntungkan

sehingga untuk membelajarkan orang dewasa tidak segampang seperti Guru mengajar muridnya di kelas.

 

II.      TUJUAN

          Mengkondisikan para peserta kursus untuk siap mengikuti pembelajaran dalam kursus yang akan diikuti, dengan cara memberikan informasi-informasi yang sangat diperlukan bagi seseorang Pembina Pramuka dalam mengemban tugas-tugasnya lewat kepramukaan.

 

III.    SASARAN

          Setelah mengikuti Orientasi, Peserta mampu :

1.    membuka diri untuk dapat mengikuti dan menerima masukan-masukan baik dari Pelatih maupun dari sesama Peserta Kursus;

2.    berperan aktif dalam proses pembelajaran;

3.    bekerja dan bergiat dalam kelompok pembelajaran dengan baik dan kompak ;

4.    berintegrasi secara positif pada semua kegiatan yang tersajikan dalam kursus.

 

IV.    PELAKSANAAN  ORIENTASI KURSUS  

1.    Orientasi Kursus diberikan oleh Ka. Lemdika atau Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih.

2.    Materi Orientasi Kursus

a.     Pendekatan Sistematis Pelatihan Anggota Dewasa

b.    Hubungan antara Pembina Pramuka dengan Kebutuhan Peserta Didik.

c.     Kebutuhan Pembina Pramuka agar dapat memerankan dirinya sebagai Pembina Pramuka yang baik.

d.    Bagaimana Peserta Kursus memerankan dirinya dalam Kursus yang menggunakan pendekatan Andragogis yang interaktif progresif (Progressive Interactional Learning Process)

 

V.      WAKTU  : 1 X 45  menit.

 

                                                                                                                MODUL  1.3

 

DINAMIKA  KELOMPOK

 

 

I.       DASAR  PEMIKIRAN

1.    Sebagai orang dewasa, peserta kursus masing-masing telah memiliki bekal konsep diri dan pengalaman yang berbeda satu dengan lainnya, sehingga timbul kemungkinan mereka cenderung kurang dapat bekerja sama satu dengan  lainnya dalam satu tim.

2.    Mereka cenderung saling menutup diri utamanya masalah kekurangan mereka masing-masing dan lebih menojolkan kelebihan masing-masing.

 

II.      TUJUAN

          Tujuan dari kegiatan dinamika kelompok ialah membentuk kerja sama dalam kelompok sebagai "team building" dan "team work" yang kompak, agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.

 

III.    SASARAN

          Setelah mengikuti kegiatan dinamika kelompok, Peserta mampu :

1.    membangun tim yang kompak dan saling membantu antar anggota yang satu dengan lainnya ;

2.    menciptakan kerja sama yang kompak dan serasi, sehingga kegiatan yang dibebankan pada kelompok dapat diatasi dengan mudah ;

3.    terciptanya persaudaraan antar anggota kelompok, saling mempercayai dan menghormati satu dengan lainnya.

 

IV.    PELAKSANAAN  DINAMIKA KELOMPOK   

1.    Dinamika  Kelompok dikendalikan oleh  Tim Pelatih.

2.    Tim Pelatih menciptakan kegiatan bersama yang dapat mencairkan kebekuan peserta kursus, dengan permainan (game) bersama sambil menyayi dan menari bersama.

3.    Dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan tersebut, selanjutnya Tim Pelatih secara acak membentuk kelompok-kelompok peserta yang akan merupakan satu tim kerja dalam proses pembelajaran yang langsung selama kursus.

4.    Tim Pelatih membagi diri sebagai pendamping kelompok-kelompok yang terbentuk tersebut, dan dalam kebersamaan saling memperkenalkan diri, saling membuka diri dengan jalan masing-masing menginformasikan kelemahan dan kelebihannya, serta hal-hal yang disenangi dan tidak disenangi.

5.    Tim kerja masing-masing menetapkan yel-yelnya dan mengundangkan sebagai satu pertanda adanya kekompakkan dalam kelompok.

 

V.      WAKTU  : 1 X 45  menit.

 

 

            

 

                                                                                                                MODUL  1.4

 

 

PENGEMBANGAN SASARAN KURSUS

 

 

I.       DASAR  PEMIKIRAN

1.    Semua orang termasuk peserta Kursus, bila akan mengikuti suatu kursus pasti mempunyai keinginan-keinginan tertentu yang ingin dicapai untuk kepentingan pengabdiannya, pekerjaannya atau usahanya.

 

2.    Suatu kursus akan mendapat perhatian dengan penuh oleh peserta  kursus bilamana kursus tersebut  dapat mengetahui apa saja yang diinginkan oleh peserta kursusnya.

 

II.      TUJUAN

          Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk menampung sasaran yang ingin dicapai oleh para peserta kursus, sehingga sasaran kursus yang sudah ditetapkan oleh penyelanggara dapat dipadukan dengan apa yang dikehendaki oleh peserta .

 

III.    SASARAN

          Setelah mengikuti kegiatan, Peserta mampu :

1.    melaksanakan semua kegiatan kursus dengan baik karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan ;

2.    menyerap dengan senang hati baik materi-materi yang disajikan dalam kursus ;

3.    mengikuti semua kegiatan pembelajaran yang interaktif positif dalam kelompok mereka masing-masing ;

 

IV.    PROSES  PELAKSANAAN KEGIATAN PENGEMBANGAN SASARAN KURSUS.

1.    Masing-masing Pemimpin Kelompok dengan didampingi Pelatih Pendamping masing-masing, menghimpun sasaran yang ingin dicapai oleh anggota kelompok.

2.    Masing-masing Pemimpin Kelompok merumuskan sasaran apa saja yang diinginkan oleh kelompoknya.

3.    Para pemimpin Kelompok memprestasikan hasil rumusanya/menyerahkan ke Pemimpin Kursus.

4.    Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih dengan dibantu oleh para Pelatih Pendamping mengkombilasikan semua sasaran yang diinginkan peserta dengan sasaran kursus yang direncanakan oleh penyelenggara.

5.    Hasil dari kompilasi tersebut diinformasikan pada peserta.

6.    Bilamana dari pengembangan  sasaran kursus tersebut terdapat materi yang belum terencanakan, Pemimpin Kursus/Ketua Tim Pelatih akan mengupayakan agar semua sasaran yang  diinginkan dapat disajikan dalam Kursus tersebut.

 

V.      WAKTU  : 1 X 45  menit.

 

 

 

 

KELOMPOK MERAH

 

 

 

 

 

NO

JABATAN

NAMA

KET

1

KETUA

 

 

2

WAKIL KETUA

 

 

3

SEKETARIS

 

 

4

BENDAHARA

 

 

5

ANGGOTA

 

 

6

ANGGOTA

 

 

7

ANGGOTA

 

 

8

ANGGOTA

 

 

9

ANGGOTA

 

 

10

ANGGOTA

 

 

11

ANGGOTA

 

 

12

ANGGOTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELOMPOK KUNING

 

 

 

 

 

NO

JABATAN

NAMA

KET

1

KETUA

 

 

2

WAKIL KETUA

 

 

3

SEKETARIS

 

 

4

BENDAHARA

 

 

5

ANGGOTA

 

 

6

ANGGOTA

 

 

7

ANGGOTA

 

 

8

ANGGOTA

 

 

9

ANGGOTA

 

 

10

ANGGOTA

 

 

11

ANGGOTA

 

 

12

ANGGOTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELOMPOK HIJAU

 

 

 

 

 

NO

JABATAN

NAMA

KET

1

KETUA

 

 

2

WAKIL KETUA

 

 

3

SEKETARIS

 

 

4

BENDAHARA

 

 

5

ANGGOTA

 

 

6

ANGGOTA

 

 

7

ANGGOTA

 

 

8

ANGGOTA

 

 

9

ANGGOTA

 

 

10

ANGGOTA

 

 

11

ANGGOTA

 

 

12

ANGGOTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELOMPOK BIRU

 

 

 

 

 

NO

JABATAN

NAMA

KET

1

KETUA

 

 

2

WAKIL KETUA

 

 

3

SEKETARIS

 

 

4

BENDAHARA

 

 

5

ANGGOTA

 

 

6

ANGGOTA

 

 

7

ANGGOTA

 

 

8

ANGGOTA

 

 

9

ANGGOTA

 

 

10

ANGGOTA

 

 

11

ANGGOTA

 

 

12

ANGGOTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELOMPOK UNGU

 

 

 

 

NO

JABATAN

NAMA

KET

1

KETUA

 

 

2

WAKIL KETUA

 

 

3

SEKETARIS

 

 

4

BENDAHARA

 

 

5

ANGGOTA

 

 

6

ANGGOTA

 

 

7

ANGGOTA

 

 

8

ANGGOTA

 

 

9

ANGGOTA

 

 

10

ANGGOTA

 

 

11

ANGGOTA

 

 

12

ANGGOTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KELOMPOK COKLAT

 

 

 

 

 

NO

JABATAN

NAMA

KET

1

KETUA

 

 

2

WAKIL KETUA

 

 

3

SEKETARIS

 

 

4

BENDAHARA

 

 

5

ANGGOTA

 

 

6

ANGGOTA

 

 

7

ANGGOTA

 

 

8

ANGGOTA

 

 

9

ANGGOTA

 

 

10

ANGGOTA

 

 

11

ANGGOTA

 

 

12

ANGGOTA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEKNIS DINAMIKA KELOMPOK

 

 

1.      PERMAINAN GEM SAMBIL MENYANYI DAN NENARI

a.      Menyanyi naik –naik kepuncak gunung

b.      Pada hari minggu

c.     Dipuncak pohon cemara

MENARI

a.      Tari punokawan

GEM

a.      Mari berjalan- jalan

2.        MEMBENTUK KELOMPOK

a.      Kelompok merah

b.      Kelompok kuning

c.          Kelompok biru

d.   Kelompokhijau

d.      Kelompok ungu

3.        MEMBAGI PELATIH PENDAMPING PADA KELOMPOK MASING-MASING PESERTA MEMPERKENALKAN DIRI

4.        MEMBUAT YEL-YEL

5.        PEMBAGIAN TUGAS PIKET: Ruang sesen, makan siang

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Komentar